Selasa, 15 Mei 2012

ABOUT DESAIN INTERIOR :)


 

Contoh Sketsa Interior Kamar Anak



Program studi Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun non fisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Ada tiga hal utama yangmenjadi kajian dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya.
Dalam mempelajari desain interior diperlukan penguasaan sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia didalam ruang sebagai makluk individual maupun sosial. Tujuan Program Studi Desain Interior pada hakekatnya adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan kreativitas yang tinggi di bidang keilmuan desain interior, melalui penguasaan beberapa kompetensi yang meliputi : kecakapan untuk mengidentifikasi aspek produktif dari adanya keragaman, kecakapan untuk berinisiatif mengembangkan aspek sosial, budaya dan ekonomi, kecakapan untuk beradaptasi dengan proses transisi dalam kehidupan, kecakapan dalam menjaga keseimbangan.
Desain interior merupakan pengetahuan tentang ruang dalam bangunan dimana manusia tinggal dan menjalankan aktivitasnya. Berbagai persoalan muncul berupa kebutuhan-kebutuhan akibat aktivitas manusia di dalam ruang dan waktu.
Pengetahuan desain interior terkait dengan berbagai bidang keilmuan antara lain : sejarah, psikologi, teknik bangunan, ekonomi, manajemen, metodologi desain serta estetika.
Dalam proses desain interior diperlukan pemahaman tentang bentuk, skala, tekstur, warna cahaya dan prinsip-prinsip penyeusunannya. Beberapa pengetahuan yang terkait dalam kajian desain interior antara lain :
  • Pengetahuan seni : estetika, drawing, sejarah desain.
  • Pengetahuan desain : elemen dan prinsip ruang, human factor in design, psikologi persepsi, psikologi lingkungan.
  • Praktik desain interior : programming, design process, presentasi.
  • Pengetahua pendukung : teknologi bangunan, material, fisika bangunan, lingkungan alam dan binaan, sosial, budaya, ekonomi.
Memiliki kemampuan dalam penguasaan ilmu dan kemampuan berprofesi, sehingga sanggup mengantisipasi arah perkembangan bidang desain serta turut berperan dalam menunjang kemampuan profesionalnya, baik sebagai peneliti, desainer maupun pengajar.
Lapangan Kerja Bidang Desain Interior
  • Pelayanan jasa konsultan
  • Sebagai perancang desain interior mandiri dalam bentuk biro-biro konsultan desain interior atau bagian dari biro konsultan arsitektur
  • Penasehat ahli pada lembaga atau instansi pemerintah
  • Industri konstruksi, sebagai pelaksana pekerjaan interior atau sebagai pengawas pelaksana pekerjaan interior
  • Industri komponen penunjang interior, sebagai tenaga ahli pada industri-industri komponen interior, seperti : furniture, karpet, wall covering dan sebagainya.
  • Sebagai pengajar dan peneliti pada lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta.

1 komentar: